Rangkuman Bab 8 Dampak Sosial Informatika

                ~ Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ~

     Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi. TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu. Agar dapat berinteraksi dengan perangkat lain, TI dapat ditambah dengan peralatan komunikasi, seperti jaringan komputer, telekomunikasi, dan internet. Dengan tambahan peralatan komunikasi tersebut, penggunanya dapat berkomunikasi dan mentransmisikan informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu. TI yang ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

    Perkembangan komputer dari awal kemunculannya hingga sekarang menjadi cell phones (ponsel) atau telepon pintar (smartphone) adalah suatu revolusi. Ukuran komputer menjadi makin kecil, tetapi memiliki kemampuan yang makin besar. Dahulu, komputer berukuran sebesar ruangan kelas, tetapi saat ini, komputer hanya sebesar genggaman tangan. Gambar 8.2 menunjukkan perkembangan komputer dan telepon yang merupakan komponen utama TIK. Saat ini, smartphone telah da pat menggan tikan berbagai ma cam peralatan. Smartphone da pat di gunakan untuk mendengarkan lagu yang berarti telah menggantikan CD player atau radio, menulis su rat berarti menggantikan mesin tik, membuat video berarti menggan tikan kamera video, membaca berita yang berarti menggantikan koran, dan masih banyak hal yang lain. Gambar 8.3 ialah contoh peralatan yang dapat diganti dengan smartphone.


Pengaruh Informatika Terhadap Kehidupan, 

1) Aktivitas keseharian, Kita dapat berbelanja seperti berbelanja di mall/pasar dengan online-shopping pada virtual mall seperti: Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya. Pembayaran dapat dila kukan secara elektronik dengan electronicpayment (e-payment) seperti: electronic-banking (e-banking) atau mobile-banking (m-banking), atau electronic-wallet (e-wallet

2) Pendidikan/e-learning, Menggunakan media e-learning. E-Learning adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara elektronik baik dalam hal interaksi antara siswa dan guru, materi, dan aktivitasnya. Dalam e-learning, interaksi siswa guru dilakukan dengan video conference, materi disajikan dalam bentuk video, e-books, dan ile

3) Kesehatan, Dokter akan memberikan resep obat Electronic-payment (e-payment) adalah sistem pembayaran yang memfasilitasi pembayaran secara elektronik untuk transaksi online. Sistem pembayaran ini makin populer karena meluasnya penggunaan belanja dan perbankan yang dilakukan secara online berbasis internet. Sistem pembayaran pada e-payment saat ini didominasi oleh pembayaran melalui kartu kredit/debet (MasterCard, VISA, GPN) lewat internet banking. Pembayaran juga banyak dilakukan dengan electronic-wallet (e-wallet) atau dompet elektronik yang memungkinkan pembayaran tanpa lewat bank namun lewat aplikasi, seperti Gopay, Ovo, LinkAja, Dana, dan lainnya.

4) Perdagang, Perdagangan secara online disebut e-commerce. Saat ini, negara kita memiliki situs e-commerce besar, seperti: Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Situs ini seperti mall atau pasar yang dijalankan secara virtual. 

5) Pekerjaan, Pengembang web, pengembang aplikasi, programmer, administrator jaringan TI, analis data, dan lainnya. Saat ini, banyak pekerjaan non-TI yang juga bisa dikerjakan dari rumah dengan bantuan TI, misalnya sales/penjual yang harus berkoordinasi dengan distributor, pengecer, dan pelanggan dapat dilakukan dengan video conference

Informasi pribadi adalah informasi tentang diri seseorang. Informasi pribadi dikenal dengan dua istilah yaitu informasi personal dan informasi privat. Informasi personal adalah informasi pribadi yang tidak dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang, sedangkan informasi privat adalah informasi tentang seseorang yang dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang. Informasi privat adalah informasi yang berhubungan dengan privasi pribadi, yaitu informasi yang terkait dengan dapat dilacaknya seorang individu. Informasi privat sering juga disebut informasi sensitif. Contoh informasi privat di antaranya adalah: akun surel, nomor telepon, nomor identiikasi (KTP, SIM), dan lainnya termasuk foto dimana kita dapat diidentiikasi. Informasi pribadi harusnya dijaga dengan baik dan tidak boleh bocor karena jika bocor atau dicuri, bisa menyebabkan kerugian pada diri pemilik data tersebut. Informasi pribadi dilindungi hukum yang disebut dengan hukum privasi

Dampak Positif Informatika :

1. Pengelolaan kegiatan keseharian
2. Komunikasi dan hubungan sosial
3. Pencarian informasi dan berbagi informasi
4. Hiburan
5. Pendidikan
6. Lingkungan tanpa kertas (paperless)
7. Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari:
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dampak Negatif Informatika :

1. Penyebaran informasi yang salah
2. Kecanduan internet dan game
3. Cyberbullying
4. Berkurangnya aktivitas sosial
5. Berkurangnya aktivitas isik
6. Potensi kehilangan pekerjaan
7. Potensi korban kejahatan
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Masalah privasi informasi 

1. Rekam medik kesehatan
2. Penyelidikan yang berkaitan dengan hukum dan kriminal
3. Transaksi dan institusi keuangan
4. Ciri biologis seperti materi genetik
5. Tempat tinggal dan informasi geograis
6. Pelanggaran privasi
7. Perilaku saat browsing di web
8. Riset akademik
9. Kebijakan untuk melindungi data pribadi
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Comments

Popular posts from this blog

Jawaban TIK Ulangan

Kegiatan MPLS SMP Labschool Jakarta Alvaro Cakrawardhana