Analisis Data Kelas 8 Semester 2 (01)


 Analisis Data


Pencarian Data :
Pencarian data di dalam lembar kerja dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi, Pencarian data terbagi menjadi 2 yaitu :

1) Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu. Fungsi Lookup terdiri atas fungsi vlookup dan Hlookup. Vlookup dipakai jika range data disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup dipakai jika range data disusun secara horizontal.

2) Reference artinya mengacu pada sesuatu. Fungsi Reference terdiri atas match, index, dan choose. Fungsi Reference akan menunjukkan posisi data dalam suatu range data.


Visualisasi Data : 
Data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart. Inilah yang disebut dengan visualisasi data. Visualisasi data memudahkan untuk memahami makna data yang ada, biasanya kegiatan ini disebut dengan analisis data. Visualisasi data juga dapat digunakan untuk melakukan prediksi terhadap nilai data, yaitu memperkirakan nilai data di waktu yang akan datang. Chart yang dapat digunakan untuk membantu prediksi data ialah Line atau Column. Untuk prediksi, data pada sumbu x haruslah data yang menunjukkan waktu, misalnya bulan atau tahun.

Jenis jenis Chart :
- Column Chart (Grafik Kolom)
- Line Chart (Grafik Garis)
- Pie Chart (Grafik Pai)
- Bar Chart (Grafik Batang)
- Area Chart

Cara membuat charts :
1) Membuat chart dari satu kelompok data
2)Membuat chart dari beberapa kelompok data
3) Mengubah Tipe Charts
4) Beralih dari Column ke Row atau sebaliknya
5) Memindahkan posisi legend
6) Melengkapi charts dengan data label

Peringkasan Data :
Pada umumnya, data yang akan dikelola itu berjumlah banyak dan sulit untuk dipahami secara langsung. Dengan melakukan peringkasan data, kalian dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik. Ada beberapa cara untuk melakukan peringkasan data, antara lain menggunakan (1) fungsi kalkulasi data berkondisi,
1. SUMIFS
2. COUNTIFS
3. Pivot tables 2 dimensi
4. Tables otomatis dari perangkat pengolah data
5. Pengelolaan Data 
6. Studi Kasus

Program Wonderful Indonesia sedang giat memasarkan berbagai daerah pariwisata di Indonesia dan berusaha agar wisatawan mancanegara lebih banyak datang. Kita tertarik untuk mempelajari data wisatawan yang masuk ke Indonesia melalui bandara atau pelabuhan laut.

Untuk membantu analisis data, kalian juga dapat menampilkan data dalam bentuk visual, seperti grafik untuk membandingkan data yang satu terhadap data yang lain. Kalian akan mempelajari cara mengolah data dari sekumpulan data menjadi data yang lebih ringkas, atau yang biasa disebut peringkasan data. Peringkasan data merupakan salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional. Dalam peringkasan data, kita hanya menampilkan data yang penting, dan kemudian dapat melakukan pencarian lebih dalam jika diperlukan. Selain itu, kalian juga dapat mengelola data dan menentukan kriteria untuk menampilkan data sesuai dengan tujuan. 



Berikut Video Mengenai Analisis Data 


Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 8 Dampak Sosial Informatika

Jawaban TIK Ulangan

Kegiatan MPLS SMP Labschool Jakarta Alvaro Cakrawardhana